blog visitors

tutorial cara partisi harddisk menggunakan easus partition magic


Berikut step-step nya, check this out :* :
1.      Berdo’a sebelum melakukan partisi.
2.      Siapkan semangkuk wedang ronde, untuk jaga-jaga kalau haus saat melakukan partisi. Wedang ronde bisa dibeli di sepanjang trotoar Alun-alun kidul.
3.      No. 2 merupakan optional, jadi boleh dikerjain boleh tidak.
http://www.smileycodes.info
4.       Buka Easeus Partition Master, dan pilih bagian Harddisk mana yang  ingin di partisi. Di sini kami melakukan partisi ulang di E. ini screenshot nya :



5.      Kita sudah menetapkan bagian mana yang akan dipartisi yaitu bagian E. Jika disitu masih Primary, maka kita harus mengubahnya menjadi Logical. Karena kalau masih Primary, tidak bisa dipartisi lagi. Cara yaitu, pilih E kemudian klik Convert to Logical (pada menu tool di sebelah kiri). ini screenshot nya :

6.      Berikut proses konversinya. ini screenshot nya :


7.      Sehingga E sudah menjadi Logical. ini screenshot nya :


8.      Nah sekarang, merupakan bagian yang terpenting dalam proses partisi. Yaitu kita mengalokasikan berapa banyak ukuran partisi sesuai yang kita inginkan. Caranya kita klik tool Rize/Move, kemudian akan mucul kotak dialog dimana kita disuruh untuk memasukkan berapa banyak ukuran partisi. ini screenshot nya :


9.      Kita bisa dengan langsung memasukkan angkanya ke field Partition Size atau bisa dengan cara digeser ke kanan atau ke kiri. Setelah itu klik OK. ini screenshot nya :


10.  Jika berhasil, maka akan muncul partisi Unalocated (di bawah E). ini screenshot nya :


11.  Kemudian kita akan memberi nama partisi yang baru kita buat tadi. Caranya, kita klik pada tool Create, sehingga muncul kotak dialog Create Partition. Pada Partition Table, kita beri nama partisi yang baru kita buat tadi, disini kami memberi nama “kelompok 1”. Kemudian klik OK. ini screenshot nya :


12.  Jika berhasil, maka hasilnya seperti ini. ini screenshot nya :



13.  Kemudian klik Apply (Tanda centang di menu tool atas), sehingga muncul kotak dialog Apply Changes. Beri tanda centang pada “Shut down the computer after changes are applied”. Setelah itu klik OK (Sambil baca basmalah, biar berhasil partisinya). ini screenshot nya :


14.  Sehingga computer akan shut down, dan ini proses apply nya. ini screenshot nya :

15.  Jika berhasil, maka harddisk yang baru saja kita partisi tadi akan muncul, dengan nama “kelompok 1”. ini screenshot nya :


16.  Karena sudah berhasil membagi partisinya, saatnya kita minum wedang ronde yang jauh-jauh dibeli dari Alun-alun kidul tadi. Bagi yang tidak membeli, “Kasihan deh lho, nggak dapat wedang ronde :p”.

17.  Karena kita mengawali dengan do’a, maka kita mengakhirinya dengan do’a pula.

Yah, itulah sedikit tutorial mengenai cara partisi harddisk menggunakan Easesus Partition Master dari kami. Kurang lebihnya mohon maaf, Terima kasih.





TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

TUTORIAL PARTISI HARDDISK MENGGUNAKAN EASEUS PARTITION MASTER
Oleh akbar puryanto pada .
TUTORIAL PARTISI HARDDISK MENGGUNAKAN EASEUS PARTITION MASTER TUTORIAL PARTISI HARDDISK MENGGUNAKAN EASEUS PARTITION MASTER. Rating: 3.5

2 comments:

Ragil Flasher said...

manteab lah..tpi wedang ronde'ne esih apa ora bro..hehe...

arsyi said...

cara kasi kembali memori yg sudah di partisi ke disk c gmn?

Post a Comment